Sekjen KESDM Minta Pramuka Lakukan Gerakan Hemat Energi

By Admin

nusakini.com-- Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (KESDM) menerima kedatangan 224 anggota Pramuka yang merupakan anggota Jambore Nasional (Jamnas) X tahun 2016. Kedatangan rombongan diterima langsung Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Teguh Pamudji didampingi , Direktur Konservasi Energi, Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerjasama, Kepala Biro Hukum dan Kepala Biro Perencanaan. 

“Silahkan adik-adik berkeliling Gedung Kementerian ESDM untuk melihat secara langsung guna mendapatkan gambaran yang lebih nyata sejarah pertambangan energy dan sumber daya mineral. Untuk melengkapi sejarah yang ada Kementerian ESDM memiliki dua museum di Taman Mini Indonesia Indah yakni museum kelistrikan dan migas,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Teguh Pamudji. Selasa (16/8). 

“Saya terus terang merasa bangga, merasa terhormat dan merasa tersanjung kami dikunjungi kawan-kawan yang sedang mengikuti Jambore Nasional ke X tahun 2016,” lanjut Teguh.  

Terkait masalah energy, Teguh megatakan, energy itu sangat dibutuhkan didalam kehidupan kita sehari-hari, dengan energy kita bisa mengakses informasi-informasi secara lebih luas dan dengan energy kita bisa melihat dan mengetahui segala hal. Energy merupakan pembuka peradaban dunia. 

Energy terbagi menjadi dua, fosil dan non fosil. Energy berbasis fosil ketersediaannya akan habis sejalan dengan terus tingginya konsumsi. Oleh karenanya mau tidak mau kita semua itu harus sudah mulai belajar melakukan gerakan hemat energy, mulai belajar memanfaatkan energy kita yang sebetulnya melimpah seperti air, angin dan matahari secara lebih detail dan lebih rinci, lanjut Teguh. 

“Adik-adik sepulang dari kantor Kementerian ESDM ini sudah punya semangat untuk mulai hari ini itu melakukan upaya hemat energy dan kita dapat memulainya dari yang kecil-kecil dulu, dari diri kita sendiri dan orang terdekat kita dengan mematikan lampu yang tidak dipakai ,”tambah Teguh lagi. 

Teamu Rusdian, Ketua rombongan mengatakan, maksud kedatangan rombongan Pramuka ini adalah untuk bersilaturahmi dan untuk mengenal lebih lanjut Kegiatan Kementerian ESDM dan aparaturnya dalam melayani masyarakat. “Hari ini kami membawa 22 regu yang berasal dari 17 Provinsi di seluruh Indonesia. Kami menyampaikan terima kasih atas semua dukungan yang diberikan pada pelaksanaan Jambore ini, bukan hanya penerimaan yang hari ini kami rasakan, namun juga atas dukungan kegiatan lainnya di Jambore Nasional 2016,” ujar Teamu. (p/ab)